10 September 2008

Edensor

Buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi pun berhasil gue embat semalem. Buku ketiga ini berkisah tentang petualangan Ikal dan Arai ke Sorbonne, Perancis dan juga kesempatan berkeliling 42 negara dari Eropa sampai ke Afrika. Salut banget ama mereka. Dengan bekal uang seadanya mereka pun backpacking kemana-mana. Aku juga pengen!!! but I think I wouldn't want to be left cold and the attack at Romania was scary. Tapi di Romania, ada aja wong jowo, yang kebetulan seorang penolong. Yang menarik dan gak habis pikir yaitu sampai ke negara-negara tersebut Ikal mencari-cari A Ling. Sampai akhirnya dihadapkan pada kenyataan bahwa dia tidak ada di tempat-tempat tersebut. Aku merasa semua kejadian dalam memoarnya Ikal ini kok kayaknya sangat beruntung sekali. Kalo semuanya real dan sesuai kenyataan, kayaknya mungkin hidup kita juga seperti itu. Gak buruk-buruk amat, tergantung bagaimana kita melihat hidup kita dan bersyukur untuk hal-hal yang baik yang terjadi dalam diri kita. Dapat dikatakan, Andrea telah melihat dan merekam sisi positif dari petualangan, dari hidupnya dia. Aku sangat salut akan itu dan terinspirasi untuk count my blessings. Pada akhirnya Andrea dapat menginjakkan kaki di tempat yang menjadi bagian hidupnya, mimpinya yaitu di Edensor. Aku sebenarnya berharap kalo Ikal bertemu A Ling di Edensor. Since, A Ling yang mengenalkan Ikal pada tempat itu lewat sebuah buku. Anyway, we gotta wait for the last book, Maryamah Karpov which is planned to be published this month! Hopefully, some good conclusions. Congratulations in advanced Andrea!

No comments: