03 September 2008

Laskar Pelangi

Akhirnya keluar juga daku dari mimpi Laskar Pelangi. Kurasa ceritanya sangat-sangat menarik dan lucu sampai pada halaman 263. Setelah itu antiklimaks, tangisan dan perenungan nasib bagi beberapa tokoh. Lintang yang raja logika dan Mahar yang seniman sejati merupakan superhero-superhero sekolah Muhammadiyah, penerima anugerah kecerdasan luar biasa dari Tuhan. Yang paling menarik dan romantis adalah tentu saja kisah cinta monyet Ikal and A Ling sekalipun berakhir tragis. Setiap orang yang sedang jatuh cinta nampaknya selalu akan mengalami syndrome yang sama yaitu halusinasi tinggi sehingga dimana-mana nampak wajah si dia, di piring makan, di jendela, di tembok, di sampul laporan kerja, di bantal, dimana-mana. Insomnia dan loss of appetite bukan pengecualian.

Bunga Krisan

A Ling, lihatlah ke langit
jauh tinggi di angkasa
Awan - awan putih yang berarak itu
Aku mengirim bunga-bunga Krisan untukmu

Rindu

Cinta ini benar-benar menyusahkanku
Ketika kita saling memandang setelah sembahyang rebut
Malamnya aku tidak bisa tidur karena wajahmu tak mau
pergi dari kamarku
Kepalaku pusing sejak itu...

Siapa dirimu?
Yang berani merusak tidurku dan selera makanku?
Yang membuatku melamun sepanjang waktu?
Kamu tak lebih dari seorang anak muda pengganggu!
Namun ingin kukatakan kepadamu
Setiap malam aku bersyukur kita telah bertemu
Karena hanya padamu, aku akan merasa rindu...

A Ling

Wah, aku ngefans berat ama puisinya A Ling. Romantisnya.

Jauh Tinggi

A Ling, hari ini aku mendaki ke gunung Selumar
Tinggi, tinggi sekali sampai ke puncaknya
Hanya untuk melihat atap rumahmu
Hatiku damai rasanya...

Sayang, puisi diatas tak sampai ke tangan A Ling. A Ling terlanjur meninggalkan tanah Belitong untuk tinggal bersama bibinya di Jakarta. Oh, begitu merananya hati ketika cinta harus pergi.

Selama sembilan tahun mereka baru bertemu dua kali. Mereka bertemu di toko kelontong Sinar Harapan, ayah A Ling adalah sole supplier kapur tulis untuk perguruan Muhammadiyah. Jadilah Ikal si volunteer sejati yang rela untuk ditugaskan membeli kapur tulis. Cinta memberikan kekuatan sekalipun harus mengayuh sepeda melintasi tanah seseram kuburan. Ikal harus bisa puas hanya dapat melihat kuku-kuku A Ling yang rapi untuk memberikan dia sekotak kapur tulis. A Ling selalu berada di balik tirai.
Menurut Ikal, Have I told you lately that I love you (best sung by Kenny Rogers) adalah lagu yang tepat untuk melukiskan perasaannya sewaktu pertama kali dia melihat wajah A Ling, which I absolutely agree. That's song is a bomb, bulu-bulu kudukku sampai merinding mendengar lantunan Mr. Rogers. Entah mengapa dia disembunyikan di balik tirai, mungkin karena dia adalah rare pearl yang bisa memikat setiap laki-laki ketika melihatnya.
A Ling, A Ling...

No comments: