05 March 2009

KFC Copy

Gue pengen bgt bisa bikin ayam goreng ala KFC sendiri. Mami juga udah sering nyoba and both of us failed!!! sebel. always gagal. So dengan geram, saya search internet dan menemukan sebuah resep yang lumayan masuk akal. Tomorrow, we will give it a go. Berikut kutipan postnya:

Penasaran buat bikin ayam goreng tepung, biasanya gak pernah berhasil. hasilnya gak sebagus ayam KFC atau abang2 yang jual dipinggir jalan. apalagi disini ngiler bgt liat iklan KFC yang ayamnya kayaknya renyah bgt deh. kan saya jadi kepengen...padahal gak boleh makan KFC disini karena gak halal. akhirnya dengan melakukan reserch berhasil juga aku bikin ayam goreng yang renyah ala KFC, sudah ketahuan deh rahasianya. ternyata gak usah pake tepung macem2 atau tambahan macem2, kuncinya ada pada saat menggoreng dan membalur tepungnya aja. aku tulis aja deh resepnya disini takut lupa

Ingredients:
bahan ;
1 ekor ayam dipotong2, ada bagian paha, dada, sayap campur2 aja. kecuali bagian tulang belakang aku gak pake.
tepung terigu biasa secukupnya aja kira2 cukup buat ngebalur ayam.
telur ayam 2 butir dikocok
merica bubuk
garam
kalau suka yang rasa pedas bisa dikasih cabe bubuk ditepungnya

bumbu yang dihaluskan:
garam
jahe 1 ruas
bawang putih 2 siung
merica kira2 aja kl suka pedes bisa dibanyakin

Directions:
1.bumbu yang sudah dihaluskan dipakai buat ngelumuri ayam, diamkan selama 15 menit, sisanya ayam yang sudah dilumuri bisa disimpan dikulkas buat digoreng besok.

2. ambil ayam yang sudah dilumuri bumbu, balur dengan tepung terigu, abis itu balur dengan kocokan telur, terus masukan lagi kedalam tepung terigu sambil ditekan2 tapi ditekan2nya jangan terlalu kuat. kira2 sampai terigu bnayak yang nempel.

3. panaskan minyak. minyak yang digunakan buat ngegoreng harus bener2 banyak , jadi ayamnya kerendem sama minyak pas digoreng. biar gampang pake alat buat goreng tempura atau kl gak ada pake panci kecil jg bisa. terus satu lagi minyaknya mesti bener2 panas bgt pas pertama kali nyemplungin ayamnya. biar berbentuk kriwil2. kl udah terbentuk kriwil2 apinya agak dikecilin. goreng seperti biasa. tapi apinya jangan terlalu kecil jg nanti gak renyah. dan satu lagi jangan terlalu sering ngebolak-balik ayam. kl bisa cukup 2 kali aja selama menggoreng.

4. kl udah berwarna kecoklatan angkat tiriskan diserep pake kertas minyak

5. sajikan selagi hangat dengan nasi putih, kol yang diparut dan saos tomat atau sambal.

3 comments:

Janicelees said...

Frens, mantabh resepnya! Telah diuji coba di dapur kami. Memang betul kuncinya hanya di pembalutan tepung dan teknik menggoreng. We are experimenting on seasonings now to make it a bit yummier...

shotliver said...

kenapa KFC ga halal?? tapi keliatanya enak resepnya! nanti gw coba deh :P

Janicelees said...

ga ngerti kenapa KFC ga halal. Gue juga bingung itu dimana. Mgkn di Amrik. Bener lho ayamnya jadi kriwil2, Lia.